Bagian 1: Kemerdekaan Kita, Bersama Menyuarakan Kemerdekaan Palestina

0Shares

Oleh: Windari

Menentang penjajahan Israel atas Palestina, menjadi titik tekan penentangan kita pada kezaliman. Bukan soal beda agama, karena kita tahu bahwa semua agama menolak kezaliman. Terkait keberpihakan kita pada yang benar dan upaya mewujudkan keadilan.
Nilai universal Islam tidak terbatas pada individu atau golongan, ras, dan mazhab tertentu.

Ajaran Islam terdiri dari: keyakinan (aqidah), ibadah dan keadilan sosial. Dimana kita melihat objektifitas keagamaan kita? Apakah berhenti pada ritual keagamaan semata? Bagaimana kita membagun spiritualitas kita secara utuh? Adakah nilai spiritual yang lebih nyata selain pada tanggung jawab sosial? Bagaimana kita meletakkan optimisme pada Kemerdekaan Palestina. Bagaimana kita medidik jiwa untuk terus merdeka, terbebas dari ego dan hawa nafsu rendah? Bagaimana membebaskan diri bersama masyarakat Palestina?

Jika setiap manusia memiliki basis kemanusiaan yang sama, lantas dimana kemanusiaan Israel? serta mereka yang acuh terhadap penderitaan masyarakat Palestina? Sementara disisi lain keadilan adalah nilai kemanusiaan yang mutlak.

Pertemuan pada rana sosial, nilai universal kemanusiaan bukan terletak pada seberapa banyaknya persamaan suara atau kekuatan material tapijuga sejauh mana suara kedalaman hati nurani yang mengarah pada ego universal ketuhanan.

Konsep spiritualitas Islam didasarkan pada kehidupan sosial yang menyediakan kemungkinan jalan untuk meraih ridha ilahi. Lantas dimana peran spiritualitas ketika terjadi penjajahan, konflik berdarah berkelanjutan? Bagaimana kita merdeka sementara hati terkungkung oleh tontonan kesengsaraan masyarakat Palestina? Bukan lagi kebenaran yang samar-samar, karena hitam-putih jelas diantara Israel-Palestina.

Solidaritas untuk Palestina adalah perlawanan terhadap segala bentuk penindasan.

#freepalestine
#alqudsday

0Shares

Read Previous

Sebuah Visi Menjadi Übermensch

Read Next

Bagian 2: Optimisme Kita Bersama Kebebasan Palestina (Yaumul Quds)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow On Instagram
Open chat